Selasa, 22 September 2015

OOT (Over TheTop) Beserta Contohnya


OTT (Over The Top) merupakan teknologi informasi di bidang pendekatan dan permodelan dalam bentuk aplikasi dan layanan aplikasi yang memanfaatkan koneksi internet dari provider yang sebagian besarnya berbasis mobile. OOT sebagai sebuah aplikasi dan layanan yang berjalan di Application Layer,yang memiliki kekaitan antara OOT world,OOT service, dan Telco world. Contoh dari Over The Top (OTT) adalah audio/video streaming, sistem chatting, messaging, dan jejaring sosial. Over The Top berjalan pada Application Layer, yaitu layer teratas pada permodelan layer TCP/IP dan OSI. OTT sebagian besar berjalan pada platform mobile. Seperti handphone, smartphone, dan PDA (Personal Digital Assistant). Namun ada beberapa  juga yang berjalan pada sistem desktop.
Layanan dan penerapan system OTT di dunia nyata pada dasarnya tidak dapat berdiri sendiri. OTT memerlukan OTT World dan Telco World dalam penerapannya dimana ketiganya ini saling berkaitan. Adapun penjelasannya seeprti dibawah ini.

1.       Telco World

         Merupakan ranah penyedia layanan komunikasi dan jaringan komputer (internet). Telco World diisi oleh ISP (Internet Service Provider) dan provider (penyedia) layanan komunikasi dan internet. Telco World berfungsi sebagai penyedia infrastruktur internet, koneksi internet, dan jalur komunikasi sebagai penunjang fungsionalitas aplikasi dan layanan yang berbasis OTT. Contoh perusahaan yang berada di Telco World adalah Telkomsel, XL, Indosat, dan provider-provider layanan internet dan komunikasi lainnya.

2.       OTT World

        Merupakan tempat para pembuat dan pengembang aplikasi dan layanan berbasis OTT berada. Semua penyedia layanan dan bisnis berbasis OTT berada pada ranah/wadah ini. Ada beberapa perusahaan yang memakai sistem OTT, contohnya :

1)      Google
Google merupakan perusahaan IT yang bergerak di bidang e-mail, search engine, aplikasi penyimpanan berbasis cloud (Google doc dan google drive), jejaring sosial (G+), dan sejumlah layanan yang berbasis online, cloud, dan OTT.
2)      Youtube
Youtube merupakan perusahaan IT yang bergerak di bidang audio/video streaming dan jejaring sosial. Konten utama youtube adalah fitur streaming audio (musik) dan video secara online. Youtube juga dapat diakses melalui platform mobile.
3)      Facebook
Facebook merupakan perusahaan IT yang bergerak di bidang jejaring sosial. Facebook juga menyediakan layanan Cloud Computing, dimana orang bisa membuat aplikasi dengan mengikuti platform yang ditentukan facebook. Facebook juga dapat diakses melalui platform mobile.
4)      Yahoo
Yahoo merupakan perusahaan IT yang bergerak di bidang e-mail, search engine, news (berita), sharing foto, dll. Salah satu fitur Yahoo yaitu layanan tatap muka berbahasa Indonesia yeng lebih mudah dimengerti. Sebagian besar layanan dalam Yahoo adalah berbasis OTT
5)      Twitter
Twitter merupakan perusahaan IT yang bergerak di bidang jejaring sosial. Twitter juga menyediakan layanan micro blog yang berbasis OTT. Seperti halnya facebook, twitter memiliki sejumlah aplikasi didalamnya yang dapat diakses pada platform mobile.

3.       OTT Service

Merupakan semua bentuk aplikasi-aplikasi di dunia digital yang berbasis OTT dan memanfaatkan infrastruktur dan koneksi internet yang disediakan oleh Telco World. Ada beragam jenis layanan OTT yang sekarang meluas di dunia online. Antara lain layanan streaming audio/video online, jejaring sosial, messaging, chatting, dll. Aplikasi OTT sebagian besar berjalan di platform mobile dan membutuhkan koneksi internet.
                Ketiga elemen OTT yang telah disebutkan tadi pada dasarnya tidak dapat berjalan sendiri. Telco World tidak akan mendapatkan penghasilan/pemasukan dari layanan infrastruktur dan koneksi internetnya tanpa adanya OTT Service yang disediakan oleh OTT World. OTT World tidak dapat berjalan atau berkembang tanpa adanya pengguna layanan yang menggunakan OTT Service dan penyedia infrastruktur internet dari Telco World. OTT Service tidak akan berjalan tanpa adanya pengembang atau pembuat dari OTT World dan layanan infrastruktur internet dari Telco World.
                Aplikasi dan layanan OTT memiliki beberapa kategori. Yaitu Social network dan Social media, Messaging, dan Streaming audio/video. Adapun penjelasan lebih jelasnya seperti dibawah ini.
1.       Social Network & Social Media
Kategori ini menekankan pada layanan jejaring sosial dan media sosial. Pada layanan ini, pengguna dapat saling berinteraksi, bertukar data dan informasi di dalamnya. Saat ini banyak layanan Social Network dan Social Media yang berbasis OTT dan dapat diinstall di platform mobile maupun desktop.
Perbedaan Social Media dan Social Network adalah :
-          Social Media merupakan media yang disediakan pengembang aplikasi kepada pengguna    sebagai ruang dan media untuk berinteraksi secara online.
-      Social Network merupakan bentuk hubungan antar pengguna social media yang saling  berinteraksi satu sama lain membentuk sebuah jaringan (network) sosial.
Aplikasi dan layanan OTT dalam kategori Social Network & Social Media bisa dikategorikan ke bagian yang lebih spesifik lagi, yaitu :
1)      Social Connection
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network & Social Media yang mengkhususkan pada koneksi antar sesama pengguna. Fitur-fitur umum yang disediakan adalah add friend, membuat status, kirim terima pesan, dan fitur-fitur lainnya yang terdapat pada jejaring sosial pada umunya. Contoh aplikasi-aplikasi pada kategori ini yaitu :
a)      Facebook
Merupakan jejaring sosial berbasis OTT yang juga menyediakan fitur berbagi status, aplikasi game, chatting, dll. Dapat diakses di desktop maupun mobile.
b)      Twitter
Merupakan jejaring sosial yang hampir sama dengan facebook. Menyediakan fitur tweet, berbagi foto, follower, dll. Dapat diakses di desktop maupun mobile.
c)       Google Plus (G+)
Merupakan jejaring sosial yang menyediakan layanan yang terintergrasi dengan hampir semua layanan google seperti Gmail. Dapat diakses di desktop maupun mobile   .
d)      MySpace
Merupakan jejaring sosial ternama sebelum adanya Facebook. Saat ini masih ada beberapa yang menggunakan jejaring sosial ini. Dapat diakses di desktop maupun mobile.

2)      Multimedia Sharing
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network & Social Media yang mengkhususkan untuk berbagi (sharing) file-file multimedia (audio, video, dll). Fitur-fitur umum yang disediakan adalah upload, download, berbagi komentar, rate (peringkat), dan berbagi alamat URL. Contoh aplikasi-aplikasi pada kategori ini yaitu :

a)      Youtube
Merupakan aplikasi streaming audio/video online. Menyediakan fitur upload video, berbagi komentar, dan rate. Dapat diakses di desktop maupun mobile.
b)      Flickr
Merupakan layanan multimedia berupa foto digital dalam bentuk layanan berbasis web. Memanfaatkan konsep kompresi di dalam jaringan komputer.
c)       Picasa
Merupakan layanan aplikasi yang digunakan untuk mengunggah file gambar digital ke internet secara cepat. Tersedia platform untuk mobile maupun desktop

3)      Profesional
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network & Social Media yang dikhususkan untuk para pekerja yang memiliki minat, bakat dan kerja yang sama maupun berbeda. Fitur-fitur umum yang disediakan adalah menambah relasi berdasarkan kesamaan (minat, bakat, pekerjaan), komunikasi, berbagi (share) melalui alamat URL, dll. Contoh aplikasi-aplikasi pada kategori ini yaitu :
a)      LinkedIn
Merupakan jejaring sosial seperti facebook dan twitter yang lebih mengarah ke pekerjaan atau bisnis. LinkedIn bersifat umum untuk semua profesi.
b)      Classroom
Classroom menyediakan banyak hal yang dapat didiskusikan, seperti forum, konten, dll. Classroom bersifat umum untuk semua profesi.
c)       Nurse Connect
Jejaring sosial yang mengkhususkan di bidang perawat (nurse)

4)      Informational
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network & Social Media yang mengkhususkan untuk berbagi (sharing) informasi kepada khalayak maupun ke sesama member di komunitas dalam jejaring sosial kategori informational. Fitur-fitur umum yang disediakan adalah fasilitas pencarian (search), kategori berita, dll. Contoh aplikasi-aplikasi pada kategori ini yaitu :

a)      Super Green Me
b)      HGTV discussion forum
c)       Do It Yourself Community

5)      Educational
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network & Social Media yang mengkhususkan untuk membantu proses pembelajaran (edukasi), terutama pada e-learning. Fitur-fitur umum yang disediakan adalah penyediaan materi, kelas online, jadwal, video conference, dll. Contoh aplikasi-aplikasi pada kategori ini yaitu :

a)      The Students Room
b)      The Math Forum
c)       EPAL School Blog

6)      Hobbies
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network & Social Media yang dikhususkan untuk pengguna dengan hobi yang sama. Fitur-fitur umum yang disediakan adalah forum, blog, sharing, dll. Contoh aplikasi-aplikasi pada kategori ini yaitu :

a)      Oh My Bloom
b)      My Place at Scrapbook
c)       Sport Shouting

7)      Academic
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network & Social Media yang dikhususkan untuk civitas akademik seperti dosen, guru, peneliti, dll. Fitur-fitur umum yang disediakan adalah penyediaan materi, kelas online, jadwal, video conference, dll. Contoh aplikasi-aplikasi pada kategori ini yaitu :

a)      Academia
b)      Connotea

2.      Messaging
Kategori aplikasi berbasis OTT ini lebih menekankan ke layanan kirim dan terima pesan secara cepat (instant messaging). Adanya aplikasi aplikasi messaging secara online memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dua arah maupun massal secara online, yaitu tidak terikat waktu maupun tempat (kecuali tidak ada sinyal untuk provider). Beberapa contoh aplikasi dalam kategori ini yaitu :

1)      WhatsApp
2)      Line
3)      BBM
4)      Kakao Talk
5)      WeChat

3.      Streaming Audio/Video
Kategori aplikasi OTT ini lebih menekankan ke layanan streaming file audio dan video secara online. Pengguna dapat mengakses fitur streaming ini melalui desktop maupun mobile. Salah satu contoh aplikasi kategori ini yang terkenal adalah youtube.
Pada aplikasi OTT kategori ini ada beberapa hal penting yang perlu diketahui hal yang diperlukan untuk menggunakan layanan steraming audio/video ini.

1)      Kualitas layanan dari sudut penyedia layanan (QOS)
2)      Kualitas layanan dari sudut pengguna (QOS)
3)  Socket programming, port, IP address yang menjadi syarat dalam koneksi jaringan komputer
4)      Pemahaman protocol-protokol yang digunakan didalamnya (UDP, RDP)

Sumber: Buku Jaringan Komputer: Handbook, teori dan praktik berbasiskan open source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar