OTT (Over The
Top) merupakan teknologi informasi di bidang pendekatan dan permodelan dalam
bentuk aplikasi dan layanan aplikasi yang memanfaatkan koneksi internet dari
provider yang sebagian besarnya berbasis mobile. OOT sebagai sebuah aplikasi
dan layanan yang berjalan di Application Layer,yang memiliki kekaitan antara
OOT world,OOT service, dan Telco world. Contoh dari Over The Top (OTT) adalah
audio/video streaming, sistem chatting, messaging, dan jejaring sosial. Over
The Top berjalan pada Application Layer, yaitu layer teratas pada permodelan
layer TCP/IP dan OSI. OTT sebagian besar berjalan pada platform mobile. Seperti
handphone, smartphone, dan PDA (Personal Digital Assistant). Namun ada
beberapa juga yang berjalan pada sistem desktop.
Layanan dan
penerapan system OTT di dunia nyata pada dasarnya tidak dapat berdiri sendiri.
OTT memerlukan OTT World dan Telco World dalam penerapannya dimana ketiganya
ini saling berkaitan. Adapun penjelasannya seeprti dibawah ini.
1. Telco World
Merupakan ranah
penyedia layanan komunikasi dan jaringan komputer (internet). Telco World diisi
oleh ISP (Internet Service Provider) dan provider (penyedia) layanan komunikasi
dan internet. Telco World berfungsi sebagai penyedia infrastruktur internet,
koneksi internet, dan jalur komunikasi sebagai penunjang fungsionalitas
aplikasi dan layanan yang berbasis OTT. Contoh perusahaan yang berada di Telco
World adalah Telkomsel, XL, Indosat, dan provider-provider layanan internet dan
komunikasi lainnya.
2. OTT World
Merupakan tempat
para pembuat dan pengembang aplikasi dan layanan berbasis OTT berada. Semua
penyedia layanan dan bisnis berbasis OTT berada pada ranah/wadah ini. Ada beberapa
perusahaan yang memakai sistem OTT, contohnya :
1)
Google
Google merupakan perusahaan IT yang bergerak di bidang
e-mail, search engine, aplikasi penyimpanan berbasis cloud (Google doc dan
google drive), jejaring sosial (G+), dan sejumlah layanan yang berbasis online,
cloud, dan OTT.
2)
Youtube
Youtube merupakan perusahaan IT yang bergerak di
bidang audio/video streaming dan jejaring sosial. Konten utama youtube adalah
fitur streaming audio (musik) dan video secara online. Youtube juga dapat
diakses melalui platform mobile.
3)
Facebook
Facebook merupakan perusahaan IT yang bergerak di
bidang jejaring sosial. Facebook juga menyediakan layanan Cloud Computing,
dimana orang bisa membuat aplikasi dengan mengikuti platform yang ditentukan
facebook. Facebook juga dapat diakses melalui platform mobile.
4)
Yahoo
Yahoo merupakan perusahaan IT yang bergerak di bidang
e-mail, search engine, news (berita), sharing foto, dll. Salah satu fitur Yahoo
yaitu layanan tatap muka berbahasa Indonesia yeng lebih mudah dimengerti.
Sebagian besar layanan dalam Yahoo adalah berbasis OTT
5)
Twitter
Twitter merupakan perusahaan IT yang bergerak di
bidang jejaring sosial. Twitter juga menyediakan layanan micro blog yang
berbasis OTT. Seperti halnya facebook, twitter memiliki sejumlah aplikasi
didalamnya yang dapat diakses pada platform mobile.
3. OTT Service
Merupakan
semua bentuk aplikasi-aplikasi di dunia digital yang berbasis OTT dan
memanfaatkan infrastruktur dan koneksi internet yang disediakan oleh Telco
World. Ada beragam jenis layanan OTT yang sekarang meluas di dunia online.
Antara lain layanan streaming audio/video online, jejaring sosial, messaging,
chatting, dll. Aplikasi OTT sebagian besar berjalan di platform mobile dan
membutuhkan koneksi internet.
Ketiga
elemen OTT yang telah disebutkan tadi pada dasarnya tidak dapat berjalan
sendiri. Telco World tidak akan mendapatkan penghasilan/pemasukan dari layanan
infrastruktur dan koneksi internetnya tanpa adanya OTT Service yang disediakan
oleh OTT World. OTT World tidak dapat berjalan atau berkembang tanpa adanya
pengguna layanan yang menggunakan OTT Service dan penyedia infrastruktur
internet dari Telco World. OTT Service tidak akan berjalan tanpa adanya
pengembang atau pembuat dari OTT World dan layanan infrastruktur internet dari
Telco World.
Aplikasi
dan layanan OTT memiliki beberapa kategori. Yaitu Social network dan Social
media, Messaging, dan Streaming audio/video. Adapun penjelasan lebih jelasnya
seperti dibawah ini.
1. Social
Network & Social Media
Kategori ini
menekankan pada layanan jejaring sosial dan media sosial. Pada layanan ini,
pengguna dapat saling berinteraksi, bertukar data dan informasi di dalamnya.
Saat ini banyak layanan Social Network dan Social Media yang berbasis OTT dan
dapat diinstall di platform mobile maupun desktop.
Perbedaan Social
Media dan Social Network adalah :
-
Social Media merupakan media yang disediakan
pengembang aplikasi kepada pengguna sebagai ruang dan media untuk berinteraksi
secara online.
- Social Network merupakan bentuk hubungan antar pengguna
social media yang saling berinteraksi satu sama lain membentuk sebuah jaringan
(network) sosial.
Aplikasi dan
layanan OTT dalam kategori Social Network & Social Media bisa dikategorikan
ke bagian yang lebih spesifik lagi, yaitu :
1)
Social Connection
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network &
Social Media yang mengkhususkan pada koneksi antar sesama pengguna. Fitur-fitur
umum yang disediakan adalah add friend, membuat status, kirim terima pesan, dan
fitur-fitur lainnya yang terdapat pada jejaring sosial pada umunya. Contoh
aplikasi-aplikasi pada kategori ini yaitu :
a)
Facebook
Merupakan jejaring sosial berbasis OTT yang juga
menyediakan fitur berbagi status, aplikasi game, chatting, dll. Dapat diakses
di desktop maupun mobile.
b)
Twitter
Merupakan jejaring sosial yang hampir sama dengan
facebook. Menyediakan fitur tweet, berbagi foto, follower, dll. Dapat diakses
di desktop maupun mobile.
c)
Google Plus (G+)
Merupakan jejaring sosial yang menyediakan layanan
yang terintergrasi dengan hampir semua layanan google seperti Gmail. Dapat
diakses di desktop maupun mobile .
d)
MySpace
Merupakan jejaring sosial ternama sebelum adanya
Facebook. Saat ini masih ada beberapa yang menggunakan jejaring sosial ini.
Dapat diakses di desktop maupun mobile.
2)
Multimedia Sharing
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network &
Social Media yang mengkhususkan untuk berbagi (sharing) file-file multimedia
(audio, video, dll). Fitur-fitur umum yang disediakan adalah upload, download,
berbagi komentar, rate (peringkat), dan berbagi alamat URL. Contoh
aplikasi-aplikasi pada kategori ini yaitu :
a)
Youtube
Merupakan aplikasi streaming audio/video online.
Menyediakan fitur upload video, berbagi komentar, dan rate. Dapat diakses di
desktop maupun mobile.
b)
Flickr
Merupakan layanan multimedia berupa foto digital dalam
bentuk layanan berbasis web. Memanfaatkan konsep kompresi di dalam jaringan
komputer.
c)
Picasa
Merupakan layanan aplikasi yang digunakan untuk
mengunggah file gambar digital ke internet secara cepat. Tersedia platform
untuk mobile maupun desktop
3)
Profesional
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network &
Social Media yang dikhususkan untuk para pekerja yang memiliki minat, bakat dan
kerja yang sama maupun berbeda. Fitur-fitur umum yang disediakan adalah
menambah relasi berdasarkan kesamaan (minat, bakat, pekerjaan), komunikasi,
berbagi (share) melalui alamat URL, dll. Contoh aplikasi-aplikasi pada kategori
ini yaitu :
a)
LinkedIn
Merupakan jejaring sosial seperti facebook dan twitter
yang lebih mengarah ke pekerjaan atau bisnis. LinkedIn bersifat umum untuk
semua profesi.
b)
Classroom
Classroom menyediakan banyak hal yang dapat didiskusikan,
seperti forum, konten, dll. Classroom bersifat umum untuk semua profesi.
c)
Nurse Connect
Jejaring sosial yang mengkhususkan di bidang perawat
(nurse)
4)
Informational
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network &
Social Media yang mengkhususkan untuk berbagi (sharing) informasi kepada
khalayak maupun ke sesama member di komunitas dalam jejaring sosial kategori
informational. Fitur-fitur umum yang disediakan adalah fasilitas pencarian
(search), kategori berita, dll. Contoh aplikasi-aplikasi pada kategori ini
yaitu :
a)
Super Green Me
b)
HGTV discussion forum
c)
Do It Yourself Community
5)
Educational
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network &
Social Media yang mengkhususkan untuk membantu proses pembelajaran (edukasi),
terutama pada e-learning. Fitur-fitur umum yang disediakan adalah penyediaan
materi, kelas online, jadwal, video conference, dll. Contoh aplikasi-aplikasi
pada kategori ini yaitu :
a)
The Students Room
b)
The Math Forum
c)
EPAL School Blog
6)
Hobbies
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network &
Social Media yang dikhususkan untuk pengguna dengan hobi yang sama. Fitur-fitur
umum yang disediakan adalah forum, blog, sharing, dll. Contoh aplikasi-aplikasi
pada kategori ini yaitu :
a)
Oh My Bloom
b)
My Place at Scrapbook
c)
Sport Shouting
7)
Academic
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network &
Social Media yang dikhususkan untuk civitas akademik seperti dosen, guru,
peneliti, dll. Fitur-fitur umum yang disediakan adalah penyediaan materi, kelas
online, jadwal, video conference, dll. Contoh aplikasi-aplikasi pada kategori
ini yaitu :
a)
Academia
b)
Connotea
2. Messaging
Kategori
aplikasi berbasis OTT ini lebih menekankan ke layanan kirim dan terima pesan
secara cepat (instant messaging). Adanya aplikasi aplikasi messaging secara
online memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dua arah maupun massal secara
online, yaitu tidak terikat waktu maupun tempat (kecuali tidak ada sinyal untuk
provider). Beberapa contoh aplikasi dalam kategori ini yaitu :
1)
WhatsApp
2)
Line
3)
BBM
4)
Kakao Talk
5)
WeChat
3. Streaming
Audio/Video
Kategori
aplikasi OTT ini lebih menekankan ke layanan streaming file audio dan video
secara online. Pengguna dapat mengakses fitur streaming ini melalui desktop
maupun mobile. Salah satu contoh aplikasi kategori ini yang terkenal adalah
youtube.
Pada aplikasi
OTT kategori ini ada beberapa hal penting yang perlu diketahui hal yang
diperlukan untuk menggunakan layanan steraming audio/video ini.
1)
Kualitas layanan dari sudut penyedia layanan
(QOS)
2)
Kualitas layanan dari sudut pengguna (QOS)
3) Socket programming, port, IP address yang
menjadi syarat dalam koneksi jaringan komputer
4)
Pemahaman protocol-protokol yang digunakan
didalamnya (UDP, RDP)
Sumber: Buku Jaringan Komputer: Handbook, teori dan praktik berbasiskan open source
Tidak ada komentar:
Posting Komentar