Selasa, 20 Oktober 2015

Instalasi Wireshark di Linux

Nama : Lalu Septiyan Adi WIjaya /1404505111
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah : Manajemen Jaringan dan Server
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

Langkah-langkah Instalasi Wireshark pada Linux
Wireshark merupakan salah satu tools atau aplikasi “Network Analyzer” atau Penganalisa Jaringan. Penganalisaan Kinerja Jaringan itu dapat melingkupi berbagai hal, mulai dari proses menangkap paket-paket data atau informasi yang berlalu-lalang dalam jaringan, sampai pada digunakan pula untuk sniffing (memperoleh informasi penting seperti password email, dll). Wireshark sendiri merupakan free tools untuk Network Analyzer yang ada saat ini. Dan tampilan dari wireshark ini sendiri terbilang sangat bersahabat dengan user karena menggunakan tampilan grafis atau GUI (Graphical User Interface). Sebelum melakukan instalasi, sebaiknya Anda telah menggunakan sistem operasi Linux distro bebas (Ubuntu, Mint, dll.). Pada tutorial kali ini, Admin menggunakan sistem operasi ElementaryOS (Ubuntu 14.04 based) dan Wireshark versi 1.99.9 yang dapat Anda unduh secara bebas di web.Tahapan proses instalasi Wireshark yaitu sebagai berikut.
  1. Jalankan aplikasi terminal pada linux. Kemudian lakukan login root untuk mendapatkan akses superuser seperti perintah berikut ini.
  2. Kemudian siapkan file installer pada direktori yang dipilih. Pada kesempatan ini direktori yang dipilih yaitu home/user sebagai direktori penyimpanan aplikasi. Kemudian ekstrak file tersebut. Namun jika file memiliki ekstensi .tar.bz2 maka proses ekstraksi dapat dilakukan dengan perintah berikut berikut.
  3. Setelah tahapan ekstrak selesai dilakukan, selanjutnya pindahkan letak direktori hasil ekstrak ke direktori wireshark.
  4. Langkah selanjutnya adalah menjalankan file configure pada folder wireshark untuk melakukan tahap konfigurasi konfigurasi seperti perintah berikut.
  5.  Setelah tahap konfigurasi kemudian lakukan penginstalan file seperti perintah berikut ini. 
  6. Tunggu hingga proses instaling selesai.
  7. Setelah proses intalling selesai maka selanjutnya lakukan konfigurasi sistem seperti perintah berikut.
  8. Setelah proses konfigurasi sistem selesai kemudian jalankan aplikasi dengan perintah berikut.
  9. Setelah aplikasi dijalankan maka akan muncul sebuah window aplikasi wireshark seperti gambar berikut ini.
  10. Demikianlah langkah-langkah cara pengistalan wireshark pada linux.
          Sumber
       Agus Eka Pratama, I Putu. 2014. Handbook Jaringan Komputer. Bandung:Informatika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar